Senin, 14 September 2009

PATRICK MOORE DUKUNG NUKLIR?


Patrick Moore salah seorang pendiri Greenpeace pada tahun 1971 di Kanada. Melalui Greenpeace banyak yang ia lakukan untuk menolak pembangungan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di dunia. Karena kesungguhan dan kegigihannya tersebut pada tahun 1977 ia terpilih sebagai presiden Greenpeace Foundation. Kronologi penolakan Patrick tidak lepas dari bencana kecelakaan PLTN Chernobyl. Kekhawatiran terjadinya kecelakaan berikutnya membulatkan tekadnya untuk terus mengampanyekan "tolak nuklir, tolak nuklir, tolak nuklir".
Namun belakangan terdapat pernyataan Patrick yang sangat mengejutkan. Ia justru mendukung energi nuklir sebagai respon solutif terhadap pemanasan global.
Sebagaimana dikutip di majalah CHIC No. 41 2009 ia mengatakan: "Pandangan saya telah berubah, karena energi nuklir adalah satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah kaca, yang dapat secara efektif menggantikan bahan bakar fosil, guna memenuhi permintaan energi yang semakin bertambah".
Sejumlah kawan mengecam pernyataannya sangat tidak beralasan. Bahkan terkesan oportunis. Mungkinkah ia telah diperbudak uang yang maha kuasa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar